Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyicil Mobil

Sebagai salah satu kendaraan yang dibutuhkan hampir oleh semua orang, mobil selalu keluar dengan fitur-fitur baru. Berbagai merk berlomba menghadirkan fitur modern dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Namun, semakin modern fitur yang dihadirkan, semakin tinggi pula harga mobil tersebut.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli sebuah mobil, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, terutama jika kamu akan membayarnya dengan menyicil. Kamu bisa memilih promo Toyota untuk mendapatkan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.


1.      Ketahui Mekanisme Cicilan

Jika kamu sudah mengetahui jenis kendaraan yang dibutuhkan, maka kamu bisa memiliki bayangan awal mengenai besaran dana yang dibutuhkan. Pastikan dana yang kamu miliki tidak melebihi kemampuan finansial kamu.

Jika memungkinkan, buatlah bayangan mekanisme cicilan yang akan kamu lakukan. Caraya adalah dengan menentukan berapa dana cicilan per bulan yang mampu ditanggung sehingga kamu bisa mengra skema tersebut bisa dibagi ke dalam berapa bulan.

Pastikan cicilan kamu maksimal adalah 30% dari penghasilan per bulan. Dari besaran tersebut, kamu bisa mengalokasikan 5-10% untuk kendaraan. Selain itu, perhitungkan juga total cicilan berdasarkan tingkat bunga umum yang bisa ditanggung.

2.      Tentukan Uang Mukanya

Setelah itu, kamu perlu menentukan uang muka yang akan dibayarkan. Umumnya, uang muka yang disyaratkan untuk pembayaran DP adalah sebesar 30% dari total harga mobil yang kamu pilih.

Syarat ini telah diseusaikan dengan regulasi pemerintah. Tapi, pada dasarnya, semakin besar uang muka semakin ringan pula beban cicilan kamu ke depannya. Selain itu lamanya tenor juga perlu diperhatikan agar bisa mengatur chasflow dari sekarang

Tenor atau jangka waktu cicilan biasanya adalah 1-5 tahun. Namun, ada beberapa multifinance yang juga memberikan jangka waktu hingga 8 tahun lamanya. Di Toyota Sukabumi, kamu bisa memilih jangka waktu cicilan yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

3.      Asuransi Kesehatan

Ketika akan mengajukan kredit mobil, lembaga pembiayaan akan mewajibkan kamu untuk membeli asuransi kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan selama proses kredit berlangsung.

Pilihan asuransi yang bisa dipilih adalah Tota Loss Only (TLO) dan All Risk. Perlu diketahui bahwa TLO hanya menanggung kerusakan mobil lebih dari 70%, sedangkan All Risk menanggung beragam masalah, seperti musibah bencana alam hingga pencurian. Jika menggunakan asuransi, maka kamu juga diharuskan untuk membayar biaya tambahan.

Hal penting yang paling utama adalah pemilihan merk dan jenis mobil. Kamu bisa mencari tahu mengenai Customer Experience dari sebuah merk mobil untuk mengetahui kualitas dan kenyamanan mobil tersebut.

Selain itu, kamu juga harus melakukan test drive sebelum memilih jenis mobil yang sesuai untukmu. Tes ini memungkinkan kamu menilai sebuah kualitas dan kenyamanan mobil tersebut.

Post a Comment

0 Comments