Cara Menekan Risiko Kecelakaan Karyawan di Lingkungan Pabrik

Orang-orang yang bekerja di pabrik atau yang memiliki risiko kerja tinggi tentunya berhak menerima asuransi kecelakaan untuk karyawan. Sebagian besar pabrik, terutama yang memproduksi perlengkapan elektronik dan produk berbahan dasar kimia, tentunya sarat akan risiko karena memakai alat berteknologi canggih. Pemberian asuransi kecelakaan dinilai cukup bijak supaya karyawan lebih nyaman selama berada di area pabrik.

 



Di sisi lain, pengelola pabrik juga tetap harus menjaga keselamatan para pekerjanya. Adapun langkah-langkah yang bisa diaplikasikan untuk menekan risiko kecelakaan kerja tersebut mencakup:

 

·         Memahami aturan dan kebijakan perusahaan

 

Pemerintah mewajibkan setiap perusahaan memberlakukan aturan dan kebijakan untuk menjamin keselamatan karyawan. Jika Anda yang bertanggungjawab dalam menangani pabrik, maka pastikan setiap poin dalam ketentuan yang sudah diberlakukan tersebut mampu mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja. 

 

Sementara, Anda yang berprofesi sebagai karyawan berhak bertanya kepada atasan kalau ada kebijakan atau aturan yang kurang jelas karena Anda berhak bekerja tanpa dibayang-bayangi rasa cemas atau takut.

 

·         Mengenali lingkungan kerja sebaik mungkin

 

Pekerja pabrik, terutama yang terlibat dalam produksi, biasanya akan diajak mengenali lingkungan kerja dan cara kerja alat-alat yang digunakan. Perusahaan yang baik tentu akan memberikan informasi terkait risiko-risiko yang akan karyawan mereka hadapi selama bekerja di sana.

 

Menekan peluang kecelakaan dapat dilakukan perusahaan sejak dini. Misalnya, memastikan area kerja aman dan penempatan alat-alat produksi sehingga tak akan membahayakan pekerja. Meningkatkan kesadaran akan safety tips pun tentunya dapat membantu karyawan lebih waspada.

 

·         Mendiskusikan tugas-tugas berisiko tinggi

 

Selain memikirkan strategi dan penyelesaian tugas, resource seperti tambahan dana serta waktu yang berhubungan dengan keselamatan kerja harus lebih dipertimbangkan. Hal ini karena dapat mempengaruhi efektivitas karyawan saat berada di lingkungan kerja.

 

Tanpa memikirkan keselamatan karyawan, bukan hanya nyawa mereka saja yang terancam. Perusahaan pun akan mengalami kerugian besar saat mereka menghadapi kecelakaan atau kendala lain yang butuh dana besar untuk menyelesaikannya.

 

·         Pakai perlengkapan safety sesuai prosedur

 

Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk menyiapkan perlengkapan safety atau safety tool bagi karyawannya yang bekerja di pabrik. Jenis perlengkapannya sendiri haruslah memenuhi standar dan diperbarui secara berkala agar karyawan nyaman serta merasa aman selama bekerja.

 

Sementara karyawan diharapkan dapat mengenakan perlengkapan safety berdasarkan prosedur dari perusahaan. Awalnya mungkin terasa merepotkan, tetapi jauh lebih baik karena kecelakaan kadang terjadi tanpa diperkirakan.

 

·         Mengikuti pelatihan-pelatihan profesional

 

Apabila memungkinkan, perusahaan disarakan memberikan pelatihan atau training profesional kepada karyawannya secara rutin. Tujuannya bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan karyawan, tetapi juga membantu mereka mengenali keselamatan bekerja di pabrik.

Dana yang dikeluarkan untuk menggelar pelatihan memang tak sedikit. Namun, seperti memakai perlengkapan safety, antisipasi seperti ini akan menjauhkan karyawan dari berbagai risiko yang kelak menimbulkan kerugian.

 

·         Anggap serius risiko yang membahayakan

 

Risiko bekerja, baik indoor maupun outdoor, akan tetap ada. Faktor penyebabnya beragam, dari kesalahan perlengkapan safety hingga sikap abai dari perusahaan. Maka dari itu, karyawan harus menganggap serius risiko yang bisa datang kapan saja.

 

Kecelakaan yang diakibatkan kecerobohan karyawan akan berbuntut pada kerugian, baik bagi perusahaan maupun karyawan yang bersangkutan. Karyawan bisa saja terancam kena surat peringatan sampai PHK.

 

Menilai dari poin-poin di atas, perusahaan perlu menyesuaikan tingginya peluang kecelakaan di lingkungan kerja dan mendaftarkan karyawannya asuransi kecelakaan khusus karyawan.

Post a Comment

0 Comments