Perihal Cara Mengirim Barang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

Melakukan pegiriman barang dari luar negeri ke Indonesia kini bukan merupakan hal sulit lagi. Banyak forwarder dan ekspedisi yang menyediakan layanan tersebut dan bisa dimanfaatkan. Hanya saja, demi kenyamanan dan kemudahan, tentu saja Anda harus mengetahui cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia tersebut.



Sekilas, mengirim barang dari luar negeri memang tidak terlalu sulit. Terlebih, beragam jasa ekspedisi yang tersedia siap memberikan bantuan kepada Anda dengan tarif yang cukup kompetitif. Hanya saja, ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui.

Nah, beberapa hal yang dimaksud demi kelancaran pengiriman yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1)      Mencari penyedia layanan pengiriman

Sebelum melakukan pengiriman barang dari luar negeri, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyedia layanan pengiriman tersebut. Sebagaimana disinggung sebelumnya, saat ini ada cukup banyak ekspedisi yang menyediakan layanan tersebut dan bisa menjadi opsi.

Nah, perihal memilih penyedia layanan pengiriman, ada baiknya jika Anda melihat legalitas dari ekspedisi tersebut. Jangan gegabah memilih layanan ekspedisi yang tidak jelas asal dan usulnya karena hanya tergiur layanan yang murah saja.

Selain itu, jangan lupa baca track record dari perusahaan tersebut. Tentu saja, perusahaan ekspedisi yang terpercaya pasti memiliki track record yang baik.

2)      Pastikan adanya jaminan keamanan

Mengirim barang dari luar negeri memang memiliki risiko. Proses pengiriman barang yang lama dan juga jarak yang jauh memang akan memperbesar risiko tersebut. Oleh karenanya, dalam pengiriman yang hendak Anda lakukan, pastikan adanya jaminan keamanan atau asuransi yang disediakan oleh layanan ekspedisi tersebut.

Jaminan keamanan atau asuransi ini bisa dikatakan cukup penting. Dengan adanya jaminan tersebut, maka risiko kerusakan pun akan cenderung lebih kecil. Tidak hanya itu, jika nantinya ada kerusakan yang terjadi, tentu saja Anda akan mendapatkan penggantian disesuaikan dengan peraturan yang ada.

3)      Pahami aturan bea cukai

Salah satu perbedaan mendasar dari mengirim barang dari luar negeri dan dalam negeri adalah bea cukai. Ya, ada pemeriksaan kelengkapan serta detail barang di bea cukai karena berkaitan dengan peraturan negara. Oleh karenanya, sebelum mengirim barang dari luar negeri, terutama untuk keperluan bisnis, cobalah memahami aturan dari bea cukai.

Memang, Anda perlu mempelajari beberapa hal. Namun, secara detail, Anda bisa bertanya mengenai hal tersebut pada pihak ekspedisi dan meminta bantuan mereka untuk menguruskan.

Nah, hal yang sebaiknya juga Anda pahami terkait bea cukai adalah pastikan jika barang yang Anda kirim bukan termasuk barang yang dilarang. Jika barang tersebut masuk dalam dangerous goods, maka umumnya barang yang dikirim akan tertahan di bea cukai.

4)      Pastikan jasa ekspedisi memiliki kerja sama yang luas

Demi kelancaran pengiriman barang dari luar negeri, pilih jasa ekspedisi yang memiliki kerja sama yang luas. Ini adalah poin yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan kerja sama tersebut, maka nantinya proses pengiriman pun akan cenderung lebih lancar tanpa adanya masalah, meskipun harus ke pelosok.

Juga, jangan lupa untuk meminta nomor resi sebagai bukti pengiriman. Dengan nomor resi yang didapatkan, tentu saja Anda nantinya bisa melacak keberadaan barang tersebut dari awal hingga sampai ke tangan Anda.

Hal-hal di atas sangat penting diperhatikan demi kelancaran pengiriman barang dari luar negeri. Nah, untuk rekomendasi ekspedisi, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Menawarkan layanan yang lengkap serta ongkir Indonesia ke Singapore atau sebaliknya dan beragam tujuan dengan terjangkau, Kilo.id bisa menjadi partner yang tepat untuk bisnis Anda!

Deskripsi: cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia kini bisa dilakukan dengan mudah. Hanya, Anda perlu mengetahui beberapa hal terkait demi kelancaran pengiriman.


Post a Comment

0 Comments